Panduan Membuat Blog Untuk Pemula

PANDUAN MEMBUAT BLOG UNTUK PEMULA

Sebelum kita membuat sebuah blog ataupun website kita harus mengetahui terlebih dahulu apa itu blog. Blog sendiri adalah alamat situs seseorang yang ada di mesin pencari google ataupun yang lainnya. Nah di dalam blog ada beberapa ulasan atau beberapa pembahasan tentang apa saja yang dipostingkan oleh pemilik blog tersebut. Dalam artian blog adalah suatu buku panduan atau tutorial yang berada di internet yang di postingkan atau dipublikasikan oleh pemilik blog tersebut.

Baiklah saya akan menunjukkan proses pembuatan blog atau bisa juga disebut panduan pembuatan blog. Tapi sebelum kita membuat blog kita harus terlebih dahulu mempunyai alamat email yang di sediakan oleh Google atau pun Yahoo!. Contoh alamat email namamu@gmail.com atau namau@yahoo.com. sebenarnya masih banyak pembuatan alamat email yang di sediakan di internet contohnya seperti @hotmail.com dan lain sebagainya. Akan tetapi pengguna yang paling banyak adalah @gmail.com.

Jika kalian sudah mempunyai alamat email kalian bisa langsung melanjutkan ke panduan berikutnya. Yaitu pembuatan akun blog. Ada banyak sebenarnya website yang menawarkan pembuatan blog tapi yang paling terkenal adalah wordpress dan blogger. Di panduan saya kali ini akan menunjukkan cara membuat blog atau website di blogger.

  1. Langsung saja kalian buka browser kalian dan cari http://www.blogger.com/ kemudian jika kalian sudah masuk ke laman blogger kalian bisa mendaftar. Akan ada tulisan "Daftar" di pokok kanan atas. Kemudian kalian akan di alihkan ke proses pembuatan blog.
  2. Selanjutnya akan ada kolom pembuatan judul, alamat blog anda dan juga ada pilihan template atau tema yang disediakan oleh google kita bisa memmilih salah satu.
  3. Hal yang perlu di perhatikan adalah di bagian kolom alamat. agar kalian bisa melanjutkan ke bagian berikutnya kalian harus membuat alamat yang belum dipakai oleh pengguna blogger lainnya. Setelah itu kalian bisa membuat blog tersebut.
  4. Terus Bagaimana membuat suatu postingan? Tenang panduan masih berlanjut. Baiklah coba kalian coba lihat di bagian samping kiri ada beberapa menu. Kalian coba klik postingan kemudian klik entri baru nah di sini kalian bisa membuat postingan menu yang di sediakan sama seperti microsoft word. Jadi lebih mudah mengatur kata. 
  5. Sebenarnya panduannya masih banyak seperti mengatur tema website ataupun pembuatan privacy policy desclaimer dan lain-lain. Akan tetapi kalian setidaknya mengetahui hal mendasar untuk panduan membuat blog atau website.

Mungkin di lain kali saya akan membagikan panduan untuk trik dan solusi yang lainnya. Jika kalian masih belum mengerti dari panduan yang saya berikan silahkan kalian berkomentar di bawah. Jangan segan-segan bertanya :).

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Panduan Membuat Blog Untuk Pemula"

Post a Comment